Home / Berita Terkini / Selayang Pandang Prodi Ekonomi Syariah

Selayang Pandang Prodi Ekonomi Syariah

A. Pendahuluan

Perguruan tinggi sebagai lembaga yang mendidik calon-calon masa depan, mempunyai tanggung jawab moral untuk mempersiapkan kader-kader pemimpin yang bertanggung jawab akan masa depan bangsanya. Melalui Tri Dharma Perguruan tinggi, mahasiswa diarahkan dan dibina dan dibimbing secara berkesinambungan, sehinga memiliki kepekaan intelektual, kesadaran moral, sosial dan budaya terhadap masa depan bangsa dan Negara Indonesia. Di sisilain, perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan akan menghadapi dinamika perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya dan seni yang semakin pesat. Hal ini erat kaitanya dengan tanggung jawab mahasiswa sebagai kader masa depan bangsa yang harus memiliki daya kritis, kreatif, inovatif, dinamis dan responsive terhadap kebutuhan pembangunan.
Dengan berkembangan lembaga keuangan syariah global. Perguruan tinggi mempunyai andil besar dalam mempersiapkan sumber daya manusia insani yang dapat menompang profesionalitas stakeholder lembaga keuangan syariah, pengetahuan keilmuan dalam bidang ekonomi islam menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku yang bergerak di lembaga keuangan syariah dalam menghadapi pasar bebas antar negara ASEAN atau ASEAN Economic Comunity (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Dengan meningkatnya Sumber Daya Manusia yang dimiliki oleh Lembaga Keuangan Syariah Indonesia tidak tergantikan oleh lembaga keuangan dari negara lain .
oleh karenanya, untuk menjawab peluang dan tantangan lemabaga keuangan syariah, Institut Agama Islam Agus Salim Metro sebagai sala satu perguruan tinggi agama islam mempunyai tanggung jawab secara moral dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang profesional. Maka IAI Agus Salim membuka progam studi Ekonomi Syariah (Esy) dengan tenaga profesional yang ahli dalam Ekonomi Syariah baik dari luar negeri maupun dalam Negeri.
Prodi Ekonomi Syariah IAI Agus Salim dirancang khusus berdasarkan silabus dari dirjen pendidikan Agama islam dan muatan tambahan lokal sebagai bekal dalam mempersiapkan mahasiswa IAI Agus Salim yang mempunyai daya saing tinggi dan profesional dalam teori maupun praktek di lemabaga keuangan syariah. Upaya mewujudkan cita-cita dan keinginan tersebut, diperlukan pembinaan terhadap mahasiswa yang dilakukan secara intensif, sitematik dan berkesinambungan melalui perkuliahan yang diselenggarakan oleh IAI Agus Salim Metro.

B. Visi, Misi dan Tujuan

Visi Prodi Prodi Ekonomi Syariah

“Menjadi progam studi ekonomi Islam yang mampu mencetak ekonom Islami  yang berkarakter, entrepreunership  dan berdaya saing tinggi berbasis IT dan nilai-nilai keislaman di regional sumbagsel tahun 2025”

Misi Prodi Ekonomi Syariah

  1. Mengantarkan mahasiswa kepada kebaikan aqidah dan kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan profesionalitas dalam bidang ekonomi Islam.
  2. Mengembangkan pengkajian mahasiswa untuk memiliki kecakapan intelektual, integritas kepribadian, dan keahlian yang selaras dengan perkembangan ekonomi syariah, ilmu pengetahuan dan teknologi dan keluhuran budi pekerti.
  3. Memberikan pelayanan akademik dan keilmuan yang baik guna mendukung perkembangan pemahaman ekonomi syariah yang baik, dan transformatif pada masyarakat.
  4. Mencetak lulusan yang mempunyai jiwa entrpeunership dalam bidang ekonomi syariah untuk kesejahteraan individu dan masyarakat.
  5. Mempersiapkan keahliaan (skill) mahasiswa dalam bidang informasi dan teknologi untuk menunjang perkembangan ekonomi syariah yang dinamis.
  6. Menyiapkan mahasiswa menjadi generasi yang berguna sesuai dengan perkembangan terkini guna memecahkan persoalan kehidupan masyarakat dibidang ekonomi syariah.

C. Tujuan Prodi Ekonomi Syariah

Prodi ESY IAI Agus Salim Metro memiliki standar kompetensi lulusan untuk mewujudkan lulusan yang berkarakter entrepreunership  dan berdaya saing tinggi berbasis IT dan nilai-nilai keislaman

  1. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan menemukan konsep-konsep baru dalam ekonomi syariah dan profesi yang ditekuni melalui proses pendidikan dan kegiatan akademik yang terencana.
  2. Mengorganisasikan, melaksanakan, dan memimpin penelitian dalam bidang ekonomi syariah dan profesi yang ditekuni untuk melahirkan tradisi ilmiah berderajat tinggi dan bermanfaat bagi kemajuan masyarakat.
  3. Mewujudkan lulusan yang memiliki integritas ilmiah serta berkepribadian luhur.
  4. Mewujudkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan dan menyebarkan Ilmu ekonomi syariah pada masyarakat guna meningkatkan taraf kehidupan berbangsa dan bernegara.
  5. Mewujudkan lulusan yang paham terhadap keilmuan ekonomi syariah maupun konvensional, menguasai Informasi Teknologi dan berjiwa wirausaha.

About admin

Check Also

Kasat Intelkam Polres Metro Memberikan Kuliah pembekalan Peserta KKN IAI Agus Salim

Indonesia terdiri dari berbagai agama, suku dan bangsa. Kebergaman harus menyatukan segala perbedaan. Peran mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *